Ada banyak cara untuk menarik perhatian pengguna aplikasi yaitu dengan :
- Intensitas (penegasan).
- Tanda-tanda yang menarik.
- Ukuran tulisan maupun gambar.
- Pemilihan font-font yang menarik.
- Manambahkan video.
- Memberi blinking.
- Memberi warna.
- Memberi audio.
Prinsip-prinsip dalam mendesain berdasarkan tingkat kemampuan :
- Novice atau first time users -> pengguna yang baru pertama kali menggunakan sebuah aplikasi.
- Knowledgeable intermittent users -> pengguna yang mempunyai kemampuan atau pengetahuan untuk menggunakan aplikasi.
- Expert frequent users -> pengguna yang sudah ahli dalam bidangnya.
Macam-macam interaction style :
- Direct manipulation.
- Menu selection.
- Form Fill-in.
- Command Language.
- Natural Language.
- Strive for consistency -> Konsisten terhadap seluruh halaman aplikasi yang dibuat.
- Cater to universal usability -> Gunakan icon-icon universal.
- Offer informative feedback -> Memberitahu kesalahan-kesalahan atau error yang ditimbulkan.
- Design dialogs to yield closure -> Memberikan konfirmasi saat delete,install, dsb-nya.
- Prevent errors -> Cegah kesalahan-kesalahan yang timbul.
- Permit easy reversal of actions -> Berikan undo (roll back) saat pengguna telah melakukan kesalahan.
- Support internal locus of control -> Usahakan untuk setiap pengguna yang mengontrol setiap aplikasi yang dijalankan, bukan aplikasi yang mengontrol pengguna.
- Reduce short term memory load -> Buat sesederhana mungkin.
- Diberi tanda di mana telah terjadi kesalahan.
- Meminta pengguna untuk memilih dan tidak membiarkan pengguna mengetik atau menginputkan sesuatu.
- Berikan autocompletion.
- Tahap Conseptual -> Mendesain pada apa yang mau dilihat dan ditampilkan.
- Tahap Semantic -> Membuat kerangka tampilan.
- Tahap Syntactic -> Tahap membuat aplikasi termasuk coding.
- Tahap Lexical -> Tahap mengimplementasikan aplikasi kepada pengguna.
- Forming the goal -> Tentukan tujuan aplikasi dan desain yang akan dibuat.
- Forming the intention -> Tentukan arti atau maksud dibuatnya aplikasi atau desain.
- Specifying the action -> Tentukan hal-hal yang harus dilakukan.
- Executing the action -> Melakukan hal-hal tersebut.
- Perceiving the system state -> Melakukan uji coba (testing).
- Interpreting the system state -> Mengimplementasikannya.
- Evaluating the outcome -> Evaluasi dan maintain.
0 comments:
Post a Comment