Wednesday, November 20, 2013

Pertemuan 1 – kegunaan sistem interaktif (IMK)

Interaksi Manusia dan Komputer (Human – Computer Interaction) adalah mata pelajaran yang berhubungan dengan desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer yang interaktif untuk digunakan oleh manusia dan sebagai bahan pelajaran yang berhubungan dengannya.
Fokusnya terhadap desain dan evaluasi User Interface. User Interface adalah bagian dari sistem komputer yang interaktif yang membolehkan manusia berinteraksi dengan komputer.
Atribute-atribute yang dipakai dalam mendesain sebuah User Interface :


  • Understandability -> User Interface yang dibuat harus mudah dimengerti oleh pengguna.
  • Learnability -> User Interface yang dibuat harus mudah untuk dipelajari dan dipakai oleh pengguna.
  • Operability -> User Interface yang dibuat harus cepat proses eksekusi-nya (fast execution).
  • Attractiveness -> User Interface yang dibuat harus menarik sehingga pengguna tidak bosan menggunakan aplikasi tersebut.

Contoh-contoh manfaat penggunaan User Interface:
  • Aplikasi desktop sekarang memampukan pengguna untuk menjalankan isi dari jutaan pengguna WWW.
  • Jaringan sosial berbasis web dan aplikasi sosial media dapat diakses melalui jutaan alat mobile.
  • User Interface menghasilkan cara baru untuk bersaing, bekerja sama dalam seluruh aspek kehidupan.
  • User Interface dapat meningkatkan kegunaan.
Istilah kegunaan (Usability) memiliki ciri-ciri yaitu dapat dimengerti, dapat dipelajari, dapat dioperasikan, dan sangat menarik.
Tujuan Kegunaan (Usability) fokus pada keefektivan, keefisiensian, dan kepuasan.
Pengukuran Kegunaan (Usability) meliputi:
  • Time to learn -> Waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari aplikasi baru.
  • Speed of performance -> Kecepatan dayaguna (eksekusi).
  • Rate of errors by user -> Tingkat kesalahan yang ditimbulkan oleh pengguna.
  • Retention over time -> Kejenuhan dalam memakai aplikasi.
  • Subjective satisfaction -> Kepuasan pengguna dalam memakai sebuah aplikasi.
Banyak user interface didesain sangat buruk sebagai contoh untuk Air Traffic Control (Kontrol Lintas Udara), nuclear reactors (reaktor nuklir), power utilities (alat-alat pembangkit daya), police and fire dispatch systems (sistem pengiriman berita kebakaran dan polisi), dan medical equipment (peralatan medis). Didesain dengan tidak terlalu memperhatikan user interface karena biaya yang mahal, lebih mementingkan ketahanan (reliability) daripada desain, keefektivan yang diharapkan. Karena user interface yang tidak terlalu memudahkan pengguna maka dibutuhkan waktu training yang cukup lama untuk mempelajari aplikasi baru. Kepuasan pengguna juga sangat rendah.
Untuk sistem industri dan komersial seperti perbankan, asuransi, pemasukan pesanan, manajemen barang, rekening, sistem penjualan. Kemudahan dalam mempelajari aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan sistem industri dan komersial sangat penting untuk mengurangi biaya pelatihan. Kecepatan transaksi menjadi hal yang sangat penting mengingat banyak jumlah transaksi yang dilakukan. Kepuasan pengguna aplikasi juga cukup penting.
Untuk bidang aplikasi hiburan, perumahan, dan perkantoran seperti word processing (program pengolah kata), electronic mail (surat elektronik), computer conferencing, video games, aplikasi-aplikasi pendidikan, search engine, dan alat-alat komunikasi. Kemudahan dalam mempelajari aplikasi-aplikasi baru, tingkat kesalahan yang rendah, kepuasan pengguna menjadi hal yang sangat penting.
Kemampuan setiap manusia yang berbeda, latar belakang yang berbeda, motivasi yang berbeda, kepribadian yang berbeda, budaya yang berbeda, gaya bekerja yang berbeda adalah tantangan untuk desainer interface untuk menyesuaikan interface sesuai dengan karateristik setiap pengguna. Memikirkan kembali desain interface untuk kondisi yang berbeda akan menghasilkan hasil yang lebih memuaskan untuk setiap pengguna. Memikirkan kembali pertimbangan-pertimbangan untuk pengguna yang cacat, orang lanjut usia, anak kecil adalah pertimbangan yang harus dipikirkan dalam merancang hardware dan software.
Faktor wilayah juga harus menjadi pertimbangan dalam mendesain User Interface seperti :
  • Format tanggal, bulan, dan tahun.
  • Satuan pengukuran (berat, panjang, volume, dan sebagainya).
  • Urutan penulisan (kanan ke kiri, kiri ke kanan, atas ke bawah).

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management